DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi memakaikan teknik die-casting, yang berarti lewat sistem pelelehan metal dgn kata lain logam utk lantas dituang serta dicetak sinkron dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Bahan
Logam yg dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan cara die casting kebanyakan yakni mainan jenis dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun mampu dibuat dengan langkah ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima lebih salary dari menekuni penghidupan diecast ini. Lebih-Lebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalankan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Harga
Harga juga amat bervariasi & condong menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dpt berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman demen kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

DIECAST MINIATUR MOBIL Langgur

LihatTutupKomentar