DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias design yang diproduksi menerapkan arahan die-casting, yg berarti menggunakan prosedur pelelehan metal alias logam bagi lantas dituang bersama dicetak sebati dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya
Bahan
Logam yang dipakai biasanya adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg normal menggunakan cara die casting lazimnya yakni mainan rupa dgn skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun bisa dibuat dgn tips-tips ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus kalo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima pelengkap nafkah dari menekuni pencaharian versi mini ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dan menjalani jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam dengan berat berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model modeling tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuman hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Lanny Jaya

LihatTutupKomentar