DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan dengar dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau jenis yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan metal dgn kata lain metal utk lantas dituang bersama dicetak sinkron dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe
Bahan
Metal yang dipakai kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lumrah menerapkan cara die casting kebanyakan yakni mainan design dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun bisa diproduksi dgn teknik ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh tambahan honor dari menekuni penghidupan versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, peredaran uang di profesi mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positif jual membeli maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe
Harga
Nilai juga amat beragam bersama berat menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika design miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn minus merintangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

DIECAST MINIATUR MOBIL Lhokseumawe

LihatTutupKomentar