DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias rupa yg diproduksi memakaikan panduan die-casting, yg bermakna melalui cara pelelehan metal atau metal untuk kemudian dituang dengan dicetak serasi dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay
Bahan
Logam yg dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan prosedur die casting lazimnya yakni mainan tipe dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun mampu dikerjakan dengan metode ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu seperti keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yang amat bagus jika kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan extra pendapatan dari menekuni karier diecast ini. Terlebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay
Harga
Nilai juga sangat bervariasi bersama menjurus berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

DIECAST MINIATUR MOBIL Mbay

LihatTutupKomentar