DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yang diproduksi menggunakan langkah die-casting, yg berarti melalui metode pelelehan logam atau logam buat selanjutnya dituang beserta dicetak sebati dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Bahan
Metal yg dipakai umumnya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg normal menggunakan strategi die casting biasanya ialah mainan desain dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun sanggup diproses dgn tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat seperti keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus bila kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lebih income dari menekuni penghidupan miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalankan jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Harga
Nilai juga amat bervariasi beserta cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo jenis modeling tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai versi mini bisa menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Menteng

LihatTutupKomentar