DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan denger dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menggunakan cara die-casting, yang bermakna memakai proses pelelehan logam dengan kata lain logam untuk kemudian dituang dengan dicetak sebati dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin
Bahan
Logam yg digunakan umumnya adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak memakekan cara die casting lazimnya yaitu mainan design dgn ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun sanggup diproduksi dgn tips-tips ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan penghasilan dari menekuni penghidupan miniatur ini. Terlebih banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dan menjalani jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual belanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa dan menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini bisa berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

DIECAST MINIATUR MOBIL Merangin

LihatTutupKomentar