DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yg berarti memakai teknik pelelehan logam alias logam untuk kemudian dituang dengan dicetak sinkron dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Bahan
Logam yg dipake lazimnya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang lazim menggunakan panduan die casting biasanya yaitu mainan design dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun mampu diciptakan dengan tips-tips ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak care k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan komplemen pendapatan dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Harga
Value juga sangat bervariasi dengan menjurus menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo jenis versi mini tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tetapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini sanggup menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar suka kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

LihatTutupKomentar