DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau rupa yang diproduksi menerapkan teknik die-casting, yang bermakna lewat operasi pelelehan logam alias metal bagi selanjutnya dituang dengan dicetak sesuai dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole
Bahan
Logam yang dipakai rata-rata yakni zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menggunakan teknik die casting rata-rata ialah mainan model dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dpt dikerjakan dengan aneka tips ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun memiliki value ekonomi yang sangat bagus k'lo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima tambahan upah dari menekuni karier versi mini ini. Bahkan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positif jual belanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole
Harga
Nilai juga amat beragam beserta condong berubah tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model modeling tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia senang yang satu ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

DIECAST MINIATUR MOBIL Namrole

LihatTutupKomentar