DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau jenis yg diproduksi menggunakan strategi die-casting, yang bermakna lewat metode pelelehan metal dgn kata lain logam untuk setelah itu dituang & dicetak sebati dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Bahan
Metal yang dipakai umumnya adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan proses die casting biasanya yakni mainan model dengan skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun dpt diproduksi dengan arahan ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu serupa keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memiliki value ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh lbh penghidupan dari menekuni penghidupan miniatur ini. Malahan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat beserta memperbuat jual-beli, pergantian uang di karier mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini mampu menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Harga
Price juga sangat bervariasi bersama menjurus menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo model versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tetapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur dapat menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

LihatTutupKomentar