DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menerapkan kaidah die-casting, yg bermakna melalui proses pelelehan metal dengan kata lain logam bagi lantas dituang beserta dicetak sebati dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Bahan
Logam yang dipakai kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yang umum memakaikan program die casting lazimnya yakni mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun bisa diurus dengan aneka tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus kalau kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh pelengkap upah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Malahan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dan melakukan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual belanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam serta condong menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn suka kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan pola apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

LihatTutupKomentar