DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau design yg diproduksi menggunakan aneka tips die-casting, yang bermakna lewat sistem pelelehan metal atau logam buat lalu dituang bersama dicetak sinkron dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat
Bahan
Logam yang diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg normal memakekan panduan die casting umumnya yaitu mainan design dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa diciptakan dgn teknik ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memperoleh value ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan komplemen mata pencaharian dari menekuni pencaharian diecast ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat & melakukan jual-beli, pertukaran uang di pekerjaan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat
Harga
Nilai juga amat beragam beserta miring menjelma tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo tipe miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini mampu berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, serupa penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Perak Barat

LihatTutupKomentar