DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yg diproduksi menerapkan aturan die-casting, yang berarti lewat metode pelelehan metal dgn kata lain logam bakal selanjutnya dituang serta dicetak bertimbal dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak
Bahan
Metal yg dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang jamak memakaikan tutorial die casting kebanyakan yaitu mainan desain dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun dapat diproses dengan cara ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat seperti keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg amat bagus kalau kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lbh penghasilan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Bahkan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak
Harga
Harga juga amat beragam beserta miring berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau desain miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Tetapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

DIECAST MINIATUR MOBIL Puncak

LihatTutupKomentar