DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain model yg diproduksi memakaikan prosedur die-casting, yg berarti menggunakan proses pelelehan metal atau metal bakal setelah itu dituang bersama dicetak pantas dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi
Bahan
Metal yg diperlukan kebanyakan ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang lazim menggunakan teknik die casting umumnya yakni mainan jenis dgn size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun sanggup diciptakan dengan tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lebih nafkah dari menekuni profesi versi mini ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, aliran uang di pencaharian mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi positif jual pesan ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs versi mini yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi
Harga
Harga juga sangat beragam dan miring menjelma tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya demen kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwodadi

LihatTutupKomentar