DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias model yang diproduksi menerapkan aturan die-casting, yang berarti menggunakan prosedur pelelehan metal dengan kata lain metal untuk lalu dituang bersama dicetak bertimbal dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto
Bahan
Metal yg dipake rata-rata yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan panduan die casting umumnya ialah mainan design dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun mampu diproses dgn tips-tips ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat seperti keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan pelengkap upah dari menekuni pencaharian modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto
Harga
Harga juga amat bermacam-macam serta berat menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo tipe diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling dapat menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwokerto

LihatTutupKomentar