DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain desain yg diproduksi memakekan strategi die-casting, yg berarti lewat operasi pelelehan metal atau logam utk selanjutnya dituang bersama dicetak bertimbal dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Bahan
Metal yg dipegunakan umumnya adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang jamak menerapkan metode die casting lazimnya merupakan mainan desain dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun sanggup dibuat dengan sistem ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memiliki nilai ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan ekstra penghasilan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, perpindahan uang di karier mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Harga
Nilai juga sangat beragam & menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo rupa versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini sanggup berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata senang kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

LihatTutupKomentar