DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias design yg diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yang berarti melalui cara pelelehan logam atau logam untuk setelah itu dituang dan dicetak serasi dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Bahan
Metal yang dipegunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular memakekan bimbingan die casting kebanyakan adalah mainan jenis dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun bisa diproduksi dengan program ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus bila kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima ekstra salary dari menekuni pekerjaan modeling ini. Terlebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Harga
Price juga sangat bervariasi dan menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika design versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dapat menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

DIECAST MINIATUR MOBIL Rejang Lebong

LihatTutupKomentar