DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias tipe yg diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan metal dengan kata lain metal utk setelah itu dituang dengan dicetak setakar dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua
Bahan
Metal yg digunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg regular menggunakan strategi die casting kebanyakan adalah mainan tipe dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun mampu diurus dgn tutorial ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun memperoleh price ekonomi yg amat bagus kalo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh extra penghasilan dari menekuni profesi versi mini ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual belanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua
Harga
Harga juga amat berupa-rupa & menjurus menjadi tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini sanggup menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

DIECAST MINIATUR MOBIL Sabu Raijua

LihatTutupKomentar