DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias tipe yg diproduksi menggunakan tips die-casting, yang bermakna memakai operasi pelelehan logam dengan kata lain metal buat setelah itu dituang & dicetak sinkron dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Bahan
Logam yang diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang umum menggunakan prosedur die casting biasanya yaitu mainan rupa dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diciptakan dengan proses ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan gaji dari menekuni usaha diecast ini. Terlebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi baik jual membeli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dan berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila design diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini bisa berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak pake memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

LihatTutupKomentar