DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menggunakan metode die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan metal dengan kata lain logam bakal kemudian dituang serta dicetak sinkron dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Bahan
Logam yang dipegunakan rata-rata adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan strategi die casting umumnya yakni mainan desain dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun sanggup dikerjakan dengan teknik ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak care bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memperoleh value ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima lebih nafkah dari menekuni penghidupan modeling ini. Lebih-Lebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, perpindahan uang di usaha mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Harga
Harga juga amat berupa-rupa bersama condong berubah tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain miniatur tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast mampu menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan proses apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

DIECAST MINIATUR MOBIL Sawunggaling

LihatTutupKomentar