DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau model yang diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yg bermakna memakai teknik pelelehan logam dgn kata lain metal bagi selanjutnya dituang serta dicetak sebati dgn model yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang
Bahan
Metal yg digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg biasa menerapkan panduan die casting umumnya yakni mainan jenis dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt dirancang dgn kaidah ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yang amat bagus jika kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan tambahan honor dari menekuni pencaharian modeling ini. Bahkan byk yang dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta melakukan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam serta miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design diecast tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast bisa berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar minat kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Selatpanjang

LihatTutupKomentar