DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau design yg diproduksi menerapkan tips-tips die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan metal atau logam bagi setelah itu dituang dan dicetak pantas dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bahan
Logam yang dipakai kebanyakan adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan prosedur die casting kebanyakan ialah mainan rupa dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun sanggup diciptakan dgn bimbingan ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu serupa keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care kalo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang sangat bagus jika kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima lbh upah dari menekuni bisnis diecast ini. Bahkan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, rotasi uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual belanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Harga
Harga juga sangat beragam dan cenderung berubah tinggi, terlebih amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila tipe diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tapi buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini bisa berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

LihatTutupKomentar