DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yang berarti melalui metode pelelehan metal atau logam bakal lalu dituang bersama dicetak bertimbal dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru
Bahan
Metal yang digunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yg lazim menerapkan arahan die casting biasanya yakni mainan model dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun bisa diproses dgn proses ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care kalo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yang amat bagus kalau kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan tambahan gaji dari menekuni pencaharian modeling ini. Sampai-Sampai banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam dan mengarah menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa diecast tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast mampu berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Simomulyo Baru

LihatTutupKomentar