DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain desain yang diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yang bermakna melalui metode pelelehan metal dgn kata lain metal buat selanjutnya dituang beserta dicetak bertimbal dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang
Bahan
Logam yg dipake rata-rata ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang biasa menerapkan teknik die casting kebanyakan adalah mainan model dgn skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun mampu dirancang dgn manual ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus bila kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan pelengkap income dari menekuni pekerjaan diecast ini. Terlebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, pertukaran uang di karier mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual belanja maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang
Harga
Value juga amat bermacam-macam bersama condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau model versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dpt menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan aturan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

DIECAST MINIATUR MOBIL Subang

LihatTutupKomentar