DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain model yg diproduksi menggunakan prosedur die-casting, yang bermakna melalui proses pelelehan metal atau logam untuk sesudahnya dituang beserta dicetak sinkron dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru
Bahan
Logam yang digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg lazim memakaikan program die casting umumnya yakni mainan design dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun mampu diproses dgn sistem ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan komplemen salary dari menekuni karier modeling ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, perpindahan uang di bisnis mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru
Harga
Nilai juga sangat bervariasi dan cenderung menjadi tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling dpt berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukolilo Baru

LihatTutupKomentar