DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menerapkan arahan die-casting, yg berarti menggunakan prosedur pelelehan logam atau metal utk lantas dituang dan dicetak setakar dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat
Bahan
Metal yang digunakan lazimnya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang lumrah menggunakan langkah die casting rata-rata merupakan mainan rupa dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun mampu dibuat dengan tutorial ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memperoleh harga ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan lbh nafkah dari menekuni profesi miniatur ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, rotasi uang di pencaharian mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual belanja ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat
Harga
Harga juga amat beragam beserta miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa diecast tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia gemar yg satu ini. Tapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur sanggup berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Barat

LihatTutupKomentar