DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menerapkan arahan die-casting, yang bermakna menggunakan proses pelelehan metal alias metal bagi lalu dituang serta dicetak pantas dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah
Bahan
Logam yg dipake umumnya ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan aneka tips die casting lazimnya yakni mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa dikerjakan dengan aneka tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalau kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan tambahan penghasilan dari menekuni usaha diecast ini. Sampai-Sampai banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, peredaran uang di bisnis mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli positif jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs modeling yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah
Harga
Harga juga sangat beragam bersama condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila design diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tetapi utk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini dpt berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan kaidah apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumba Tengah

LihatTutupKomentar