DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yang pertama... karna anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau rupa yg diproduksi memakekan aturan die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan logam alias metal bagi selanjutnya dituang serta dicetak bertimbal dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakaikan sistem die casting umumnya yaitu mainan desain dgn size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dapat diproduksi dengan sistem ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yang amat bagus kalo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima lebih penghidupan dari menekuni profesi miniatur ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama mengerjakan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa dan condong berubah tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi utk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, seperti penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

LihatTutupKomentar