DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain desain yg diproduksi memakaikan tips die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan logam dengan kata lain logam bagi kemudian dituang bersama dicetak sebati dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Bahan
Metal yg dipegunakan rata-rata yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakekan cara die casting biasanya merupakan mainan design dgn size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dpt diciptakan dengan manual ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat semacam keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus jika kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima lebih gaji dari menekuni pencaharian miniatur ini. Bahkan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalankan jual-beli, pertukaran uang di profesi mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual belanja ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta condong menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Namun buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast bisa menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabalong

LihatTutupKomentar