DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias design yang diproduksi menerapkan cara die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan logam atau metal buat lantas dituang bersama dicetak pantas dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Bahan
Metal yang dipake biasanya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak menggunakan cara die casting lazimnya ialah mainan tipe dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun sanggup dirancang dengan tips-tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan ekstra income dari menekuni penghidupan modeling ini. Sampai-Sampai byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat serta melakukan jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa serta condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau jenis versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast dapat menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma demen kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

LihatTutupKomentar