DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau design yang diproduksi memakaikan panduan die-casting, yang bermakna memakai cara pelelehan metal dgn kata lain logam bakal sesudahnya dituang & dicetak serasi dgn model yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang standar memakaikan tata cara die casting lazimnya yakni mainan jenis dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt diurus dgn bimbingan ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yang sangat bagus kalau kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan extra salary dari menekuni profesi diecast ini. Malahan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Harga
Value juga amat berupa-rupa & miring menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe modeling tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yang satu ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya suka kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

LihatTutupKomentar