DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain model yang diproduksi memakaikan cara die-casting, yg berarti melalui sistem pelelehan logam dengan kata lain metal bagi selanjutnya dituang bersama dicetak serasi dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan
Bahan
Logam yang dipakai lazimnya yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang standar menggunakan cara die casting lazimnya yaitu mainan tipe dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu diproduksi dgn cara ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg amat bagus bila kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima tambahan mata pencaharian dari menekuni pekerjaan modeling ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & menjalankan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan
Harga
Value juga sangat bermacam-macam serta miring berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa versi mini tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tetapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak usah mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan tutorial apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

DIECAST MINIATUR MOBIL Teminabuan

LihatTutupKomentar