DIECAST MOBIL DAN MOTOR

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Kendaraan sudah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil amat membantu mobilitas manusia waktu menjalani kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis beserta jenis kendaraan sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain sekarang lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc buat mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang byk digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak akan membahas ragam kendaraan yg ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses & perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke tempat lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan draf “mobil” pd 1478. Konsepsi ini belum memakaikan mesin dan masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakaikan mesin uap ini digunakan bakal membantu pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dengan kecepatan manusia saat berjalan.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Era 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjelma babak penting dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, momen sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan dengan sesudahnya byk dipake masyakarat.

Wkt nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak krn bisa membuat mesin yg lebih efisien dalam pemakaian berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih konsisten digunakan selaku salah 1 mesin mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin bahan bakar bensin. Memakaikan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh ulung mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tidak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tdk ribet yg udah diciptakan mulai menemukan evolusi. Saat kesatu diperkenalkan, kendaraan waktu itu blm memakekan stir bulat sebagaimana yang kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Malahan ada yang menerapkan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan beserta memang extra memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai meningkat tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan tertinggi mobil wkt itu hyn dua belas km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Zaman 1920
Di dekade ini, mobil udah mulai berubah bagian dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah berubah industri yang terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai size kecil hingga size besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal besar saja yg bisa bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya berubah hyn tinggal 44 saja pd 1929. Dari total itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat nggak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pusat utk menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi terpenting di periode ini adalah kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipakai bakal medan perang yg memiliki keadaan lahan nggak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg cuma tinggi meski butuh menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan globalisasi yg mereka peroleh masa itu. Muncul mesin dgn teknologi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yg menggunakan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini legal dipasarkan ke publik beserta mendapat sambutan cukup positif.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan rakyat saat itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat bersamaan pertumbuhan nominal kendaraan yang makin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tsb waktu itu masih sebatas uji coba coba & diterapkan bagi mesin materi bakar bensin. Tapi, inspirasi ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yg berkembang saat itu.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Zaman 1960
Historis kendaraan memasuki zaman yang lebih maju. Kendaraan Roda 4 udah makin lama memasyarakat dgn desain yg lbh compact dan fungsional.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg memiliki sketsa enggak jamak serta ditahbiskan sbg kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dengan sketsa lbh simpel & tidak besar.

Sejak saat itu, pabrik mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Periode 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg bisa menyokong penumpang luput dari terluka parah waktu menemukan kecelakaan.

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR

DIECAST MOBIL DAN MOTOR

DIECAST MOBIL DAN MOTOR

LihatTutupKomentar