DIECAST MOBIL JAMES BOND

 DIECAST MOBIL JAMES BOND

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Mobil sudah berubah wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menunjang mobilitas manusia wkt menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, tipe dengan jenis kendaraan roda empat sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon atau kini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.Lima Ratus cc buat mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipegunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak mau membahas ragam kendaraan yang ada waktu ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana prosedur & perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke wadah lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat konsep “mobil” pd 1478. Rencana ini blm memakaikan mesin serta masih berwujud sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Menerapkan mesin uap ini dipake buat menunjang pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia saat berjalan.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjadi babak krusial dlm sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, selagi sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan & selanjutnya byk digunakan masyakarat.

Saat pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karna mampu menghasilkan mesin yang lbh efisien dalam pemanfaatan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih teguh dipakai sbg salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin bahan bakar bensin. Menggunakan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini dirancang oleh handal mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil efisien yang udah dibuat mulai mengalami evolusi. Masa pertama diperkenalkan, kendaraan roda empat saat itu blm memakekan stir bulat seperti yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Malahan ada yg menggunakan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan bersama memang extra menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai makin tinggi. Dpt sampai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang lebih kurang 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri lokasi Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan maksimum kendaraan roda 4 masa itu cuma 12 km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Periode 1920
Di era ini, kendaraan roda empat sudah mulai menjadi wilayah dari kehidupan manusia. Malahan udah berubah industri yang terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.

DIECAST MOBIL JAMES BOND

 DIECAST MOBIL JAMES BOND

Kendaraan Roda 4 Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat malahan banyak bermunculan industri yang menciptakan mobil dari mulai ukuran kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya hanya mereka yg bermodal gede saja yang sanggup bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuman tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda empat tak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pangkal utk menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di dekade ini yakni kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipakai bakal medan perang yg punya status lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang sekadar tinggi meski butuh menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dpt mengembangkan tekno yg mereka punyai masa itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat kesatu yang memakaikan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini sah dipasarkan ke publik beserta mendapat sambutan cukup positif.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan publik masa itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat berbarengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas uji coba & diterapkan utk mesin materi bakar bensin. Tapi, gagasan ini dapat dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang wkt itu.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Periode 1960
Historis mobil memasuki jaman yg lebih maju. Mobil udah makin lama memasyarakat dgn model yg ekstra compact serta fungsional.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai sketsa nggak umum dengan ditahbiskan bagaikan mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yang ialah mobil-mobil pionir dengan patron extra simpel & tidak besar.

Sejak masa itu, pembuat mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang extra simpel.

DIECAST MOBIL JAMES BOND
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang bisa membantu penumpang terlepas dari cedera parah waktu menemukan kecelakaan.

 DIECAST MOBIL JAMES BOND

DIECAST MOBIL JAMES BOND

DIECAST MOBIL JAMES BOND

LihatTutupKomentar