DIECAST MOBIL TOYOTA

 DIECAST MOBIL TOYOTA

DIECAST MOBIL TOYOTA
Kendaraan Roda Empat sudah menjadi lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan sangat menyokong mobilitas manusia waktu menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, desain dan jenis kendaraan udah amat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain sekarang extra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc bakal mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak akan membahas macam kendaraan roda empat yg ada saat ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana operasi & perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang bisa membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci sudah membuat sketsa “mobil” pada 1478. Konsep ini belom menggunakan mesin dengan masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan buat menunjang pergerakan kepentingan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia masa berjalan.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Era 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak berguna dalam historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, ketika sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan beserta setelah itu byk digunakan masyakarat.

Masa pertama dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak krn dapat membuat mesin yg lebih efisien dalam penggunaan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih tetep dipegunakan sebagai salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin materi bakar bensin. Memakekan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dibuat oleh mumpuni mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah memperluas kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yg udah diproduksi mulai menemukan evolusi. Masa pertama diperkenalkan, kendaraan waktu itu blm memakaikan stir bulat semacam yg kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg memakaikan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan dan sebenarnya ekstra memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai makin tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara area Alabama, Amerika Serikat, mengerem kecepatan setinggi-tingginya mobil masa itu cuma dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Era 1920
Di era ini, kendaraan roda empat udah mulai menjadi daerah dari kehidupan manusia. Bahkan sudah menjelma industri yg terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yg terkait mobil.

DIECAST MOBIL TOYOTA

 DIECAST MOBIL TOYOTA

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai skala kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya cuman mereka yg bermodal gede saja yg dapat bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya berubah cuman tinggal 44 saja pada 1929. Dari total itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner mobil enggak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pusat untuk menciptakan kendaraan yang bisa bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 penemuan terutama di zaman ini yaitu kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas diperlukan untuk medan perang yang memiliki status tanah tidak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yang hyn tinggi meski butuh menjelajahi daerah berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan digital yg mereka punyai saat itu. Muncul mesin dengan modern injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 nomor satu yg memakekan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda 4 ini resmi dipasarkan ke masyarakat serta mendapat sambutan cuman positif.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap jumlah karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan pertumbuhan jumlah kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas uji coba serta diterapkan bagi mesin material bakar bensin. Tapi, ilham ini bisa dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang waktu itu.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Periode 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yg lbh maju. Kendaraan Roda Empat udah semakin memasyarakat dgn konstruksi yang lebih compact bersama fungsional.

DIECAST MOBIL TOYOTA
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg memiliki desain nggak umum serta ditahbiskan sbg mobil rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yg ialah mobil-mobil pionir dgn jenis lebih simpel bersama tak besar.

Sejak waktu itu, pembuat kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.

DIECAST MOBIL TOYOTA
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang dapat mengakomodasi penumpang terlepas dari cidera parah masa mendapatkan kecelakaan.

 DIECAST MOBIL TOYOTA

DIECAST MOBIL TOYOTA

DIECAST MOBIL TOYOTA

LihatTutupKomentar