MINIATUR MOBIL KINSMART

 MINIATUR MOBIL KINSMART

MINIATUR MOBIL KINSMART
Kendaraan Roda Empat sudah berubah area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan sangat menolong mobilitas manusia waktu menjalani kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa bersama tipe kendaraan sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon atau masa ini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc bagi mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yang banyak diperlukan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak hendak membahas ragam kendaraan yg ada masa ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana cara serta perkembangan kendaraan dari abad 19 hingga memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke ruang lain dengan extra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan rancangan “mobil” pd 1478. Draf ini belum memakekan mesin dan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menggunakan mesin uap ini digunakan buat menyokong pergerakan keinginan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Dekade 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 berubah babak bermakna dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan & lalu byk dipegunakan masyakarat.

Wkt nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karna bisa menghasilkan mesin yg lebih efisien dlm pemanfaatan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih teguh dipake bagaikan salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Memakaikan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh handal mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tdk ribet yang udah dirancang mulai menerima evolusi. Wkt pertama diperkenalkan, kendaraan roda 4 masa itu belom menggunakan stir bulat semacam yang kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yg menerapkan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake dan memang extra menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Kendaraan nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai kian tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Udah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang berkisar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan tertinggi mobil wkt itu cuman dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Zaman 1920
Di periode ini, kendaraan roda 4 sudah mulai menjadi area dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjelma industri yang terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.

MINIATUR MOBIL KINSMART

 MINIATUR MOBIL KINSMART

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat malahan byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya cukup mereka yg bermodal besar saja yg bisa bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma cuman tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan tak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok bakal menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Jeep militer thn 1940-an
Salah satu inovasi sangat penting di era ini merupakan kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas digunakan utk medan perang yg punya keadaan tanah tidak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang semata-mata tinggi meski kudu menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dpt mengembangkan tekno yang mereka punyai saat itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pada Januari 1951.

Mobil pertama yang memakekan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini resmi dipasarkan ke massa & mendapat sambutan semata-mata positif.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat saat itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat bertepatan pertumbuhan total kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas test coba serta diterapkan utk mesin bahan bakar bensin. Tapi, ilham ini mampu dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang waktu itu.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Zaman 1960
Historis kendaraan roda 4 memasuki jaman yg ekstra maju. Mobil udah lama kelamaan memasyarakat dengan rancang yg ekstra compact dengan fungsional.

MINIATUR MOBIL KINSMART
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki konstruksi nggak lazim & ditahbiskan sebagai kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yang adalah mobil-mobil pionir dengan pola extra simpel dan tak besar.

Sejak saat itu, pembuat kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yg ekstra simpel.

MINIATUR MOBIL KINSMART
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang bisa mendukung penumpang lepas dari terluka parah masa menjumpai kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL KINSMART

MINIATUR MOBIL KINSMART

MINIATUR MOBIL KINSMART

LihatTutupKomentar