MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

 MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Mobil udah berubah lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 amat menopang mobilitas manusia saat mengerjakan kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, model & tipe kendaraan roda 4 sudah amat beragam. Mulai dari family wagon atau masa ini ekstra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc buat mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipake oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak bakal membahas rupa kendaraan roda empat yg ada masa ini. Kali kita mau menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses & perkembangan mobil dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dapat membawa mereka ke tempat lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat draf “mobil” pd 1478. Rencana ini blm memakekan mesin serta masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Memakaikan mesin uap ini dipake utk mendukung pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Era 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak berarti dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, ketika sebuah mesin materi bakar solar mulai diperkenalkan dengan kemudian byk dipegunakan masyakarat.

Waktu nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak sebab bisa membuat mesin yang lebih efisien dlm penerapan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih konstan digunakan sebagai salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin bahan bakar bensin. Menggunakan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh ulung mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tidak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yang sudah diciptakan mulai menerima evolusi. Saat kesatu diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu belom menerapkan stir bulat sebagaimana yg kita kenal masa ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yg memakaikan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai dengan sebenarnya lebih memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Kendaraan Roda 4 kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun udah mulai makin tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang berkisar 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara lokasi Alabama, Amerika Serikat, membelenggu kecepatan pol kendaraan roda 4 wkt itu hyn 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche masa mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan roda empat udah mulai menjadi daerah dari kehidupan manusia. Bahkan udah menjadi industri yg terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

 MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil sampai size besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal gede saja yang bisa bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pd 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.

Pd zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat nggak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pusat untuk menciptakan kendaraan yang sanggup bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi vital di dekade ini yaitu kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipakai bagi medan perang yg mempunyai situasi tanah tak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yg cuma tinggi meski kudu menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Dekade 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dpt mengembangkan teknologi yang mereka miliki wkt itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pd Januari 1951.

Mobil kesatu yg menerapkan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini formal dipasarkan ke publik dengan mendapat sambutan cuman positif.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat bersamaan perkembangan jumlah kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas test coba dan diterapkan bagi mesin berbahan bakar bensin. Tapi, inspirasi ini bisa dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang waktu itu.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Dekade 1960
Sejarah kendaraan memasuki era yg lebih maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dengan sketsa yg ekstra compact dan fungsional.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai desain tidak lazim serta ditahbiskan sbg kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan design lbh simpel beserta nggak besar.

Sejak wkt itu, produsen mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yg sanggup mendukung penumpang selamat dari cedra parah masa mengalami kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

MINIATUR MOBIL LANCER EVO 3

LihatTutupKomentar