MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

 MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Mobil udah berubah area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menolong mobilitas manusia wkt melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis dengan tipe mobil udah sangat beragam. Mulai dari family wagon atau masa ini lebih dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.500 cc bakal mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipake oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak mau membahas macam kendaraan roda empat yg ada wkt ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara & perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan ide “mobil” pada 1478. Ide ini belom menggunakan mesin bersama masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Memakaikan mesin uap ini dipake buat menyokong pergerakan keperluan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia masa berjalan.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Era 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 menjelma babak signifikan dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, selagi sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan bersama selanjutnya byk diperlukan masyakarat.

Masa kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karena sanggup membuat mesin yg ekstra efisien dlm penggunaan materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih teguh dipake bagaikan salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Memakekan 3 roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh ahli mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tidak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mendirikan mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yg udah dirancang mulai mendapatkan evolusi. Wkt nomor satu diperkenalkan, mobil saat itu belum memakekan stir bulat serupa yang kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yang menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan dan kenyataannya extra menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai kian tinggi. Mampu mencapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan tertinggi kendaraan waktu itu cuma 12 km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Periode 1920
Di zaman ini, kendaraan udah mulai berubah wilayah dari kehidupan manusia. Malahan udah menjelma industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

 MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai ukuran kecil hingga size besar. Namun, tampaknya hyn mereka yang bermodal gede saja yg dapat bertahan.

Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.

Pd zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian momen berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pokok bagi menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 penemuan terutama di periode ini merupakan kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipegunakan buat medan perang yang memiliki status kapling tidak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yg sekadar tinggi meski perlu menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi sanggup mengembangkan tekno yg mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dgn teknologi injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat pertama yang memakaikan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini legal dipasarkan ke masyarakat & mendapat sambutan cuma positif.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan massa wkt itu terhadap total karbondioksida yg terus meningkat seiring pertumbuhan besaran kendaraan yg makin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas test coba dan diterapkan bakal mesin bahan bakar bensin. Tapi, buah pikiran ini mampu dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang masa itu.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Era 1960
Historis kendaraan roda 4 memasuki era yg lbh maju. Mobil udah lama kelamaan memasyarakat dengan reka bentuk yg lbh compact & fungsional.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki rupa tak standar bersama ditahbiskan sebagai kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dgn pola lbh simpel beserta tidak besar.

Sejak saat itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang ekstra simpel.

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya globalisasi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang dapat mendukung penumpang selamat dari cedra parah saat mendapatkan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

MINIATUR MOBIL TOYOTA RUSH

LihatTutupKomentar