DIECAST MOBIL DAN MOTOR

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Mobil udah menjelma lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat sangat membantu mobilitas manusia waktu melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, design bersama tipe kendaraan roda 4 udah sangat beragam. Start dari family wagon alias saat ini ekstra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc buat mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yg banyak diperlukan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak bakal membahas variasi kendaraan roda empat yg ada waktu ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara serta perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke wadah lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan sketsa “mobil” pd 1478. Rencana ini blm menggunakan mesin bersama masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menerapkan mesin uap ini dipake bagi mengakomodasi pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia wkt berjalan.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Era 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjelma babak berpengaruh dlm historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, ketika sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dan setelah itu banyak digunakan masyakarat.

Saat kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karna bisa menghasilkan mesin yang ekstra efisien dalam pemakaian material bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih selalu diperlukan sbg salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin material bakar bensin. Menggunakan 3 roda sbg penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh mahir mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil mudah yang udah dirancang mulai menjumpai evolusi. Masa nomor satu diperkenalkan, mobil wkt itu belom menggunakan stir bulat semacam yang kita kenal masa ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yg memakekan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan & ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake dengan benar-benar lebih menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Kendaraan kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai makin tinggi. Dapat sampai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negara area Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan setinggi-tingginya kendaraan masa itu cuma dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Dekade 1920
Di periode ini, mobil udah mulai menjadi lokasi dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih sudah menjelma industri yang terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yang tersangkut mobil.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR

Kendaraan Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai banyak bermunculan industri yang menciptakan mobil dari mulai skala kecil sampai size besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yang bermodal gede saja yg dapat bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, beserta Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 tak lagi merasa kesepian saat berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pusat utk menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Jeep militer tahun 1940-an
Salah satu inovasi vital di zaman ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipakai utk medan perang yg mempunyai kondisi kapling tidak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang hyn tinggi meski kudu menjelajahi daerah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan teknologi yang mereka punyai saat itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat nomor satu yg memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini resmi dipasarkan ke massa serta mendapat sambutan cuma positif.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan masyarakat wkt itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat bertepatan pertumbuhan besaran kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas test coba beserta diterapkan buat mesin materi bakar bensin. Tapi, ilham ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang waktu itu.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Periode 1960
Sejarah kendaraan memasuki zaman yang extra maju. Kendaraan Roda 4 udah lama kelamaan memasyarakat dengan design yg extra compact beserta fungsional.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai reka bentuk tidak regular dengan ditahbiskan selaku kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yang yakni mobil-mobil pionir dengan rancang lebih simpel serta tidak besar.

Sejak wkt itu, pabrik kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg extra simpel.

DIECAST MOBIL DAN MOTOR
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang bisa mendukung penumpang terhindar dari cedra parah saat menerima kecelakaan.

 DIECAST MOBIL DAN MOTOR

DIECAST MOBIL DAN MOTOR

DIECAST MOBIL DAN MOTOR

LihatTutupKomentar