DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

 DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Kendaraan sudah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat membantu mobilitas manusia waktu mengerjakan kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, desain dengan tipe kendaraan udah sangat beragam. Start dari family wagon atau saat ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita nggak akan membahas macam kendaraan roda empat yg ada masa ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana sistem beserta perkembangan kendaraan dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci udah membuat konsepsi “mobil” pada 1478. Rancangan ini blm menggunakan mesin dengan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Menerapkan mesin uap ini dipake bagi membantu pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini sama dgn kecepatan manusia waktu berjalan.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Era 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 menjelma babak bernilai dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, saat sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan bersama lantas banyak dipake masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak krn sanggup menciptakan mesin yang lebih efisien dalam pemakaian berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih senantiasa digunakan sebagai salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Memakekan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini dibuat oleh berpengalaman mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tidak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yang sudah diciptakan mulai memperoleh evolusi. Wkt nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda 4 waktu itu belom menerapkan stir bulat sebagaimana yang kita kenal masa ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Sampai-Sampai ada yang memakekan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan serta sebenarnya extra memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Kendaraan Roda Empat pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun udah mulai meningkat tinggi. Mampu mencapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negara lokasi Alabama, Amerika Serikat, membelenggu kecepatan maksimum kendaraan roda empat masa itu hyn dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Desain T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, sistem pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche waktu menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Zaman 1920
Di dekade ini, kendaraan roda 4 udah mulai menjelma wilayah dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjadi industri yg terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yg tersangkut mobil.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

 DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai ukuran kecil sampai size besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal besar saja yang dapat bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi semata-mata tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan roda 4 nggak lagi merasa kesepian momen berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi pokok utk menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi terpenting di zaman ini merupakan kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas digunakan untuk medan perang yang mempunyai keadaan lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg sekadar tinggi meski kudu menjelajahi bagian berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dpt mengembangkan digital yang mereka miliki masa itu. Muncul mesin dgn teknologi injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan kesatu yang menggunakan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini formal dipasarkan ke publik serta mendapat sambutan sekadar positif.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan rakyat waktu itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat bersamaan pertumbuhan jumlah kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas percobaan coba beserta diterapkan bagi mesin materi bakar bensin. Tapi, gagasan ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yg berkembang waktu itu.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Dekade 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yg extra maju. Kendaraan Roda 4 udah lama kelamaan memasyarakat dengan pola yg extra compact dan fungsional.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai sketsa tak umum & ditahbiskan selaku kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yg merupakan mobil-mobil pionir dgn rupa ekstra simpel beserta tak besar.

Sejak waktu itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS
Era 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dpt menolong penumpang lepas dari luka parah masa mengalami kecelakaan.

 DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

DIECAST MOBIL FAST AND FURIOUS

LihatTutupKomentar