DIECAST MOBIL INDONESIA

 DIECAST MOBIL INDONESIA

DIECAST MOBIL INDONESIA
Kendaraan udah menjelma bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda empat amat menolong mobilitas manusia wkt memperbuat aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, rupa dan tipe mobil udah amat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain kini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah amat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bakal mobil-mobil perkotaan. Dengan Kata Lain kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipegunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita nggak bakal membahas variasi mobil yg ada wkt ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana metode bersama perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke tempat lain dengan ekstra muda, Leonardo da Vinci udah membuat sketsa “mobil” pd 1478. Konsepsi ini belum memakaikan mesin beserta masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Memakaikan mesin uap ini dipakai utk menolong pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya masa itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia saat berjalan.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjelma babak utama dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, ketika sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan beserta setelah itu banyak diperlukan masyakarat.

Saat kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karena mampu membuat mesin yang lbh efisien dlm pemakaian material bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih teguh diperlukan sebagai salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan bakar bensin. Menerapkan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini dibuat oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Nggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mengembangkan kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yang sudah dirancang mulai menemukan evolusi. Saat nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda empat saat itu belom memakaikan stir bulat sebagaimana yg kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Terlebih ada yang menggunakan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan beserta emang lebih menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Kendaraan Roda 4 pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda 4 pun sudah mulai kian tinggi. Dapat mencapai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang kira-kira 6 km/jam. Karna itulah pemerintah negeri bagian Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan setinggi-tingginya kendaraan waktu itu semata-mata dua belas km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Model T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, teknik pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Zaman 1920
Di era ini, kendaraan roda empat sudah mulai menjelma daerah dari kehidupan manusia. Bahkan sudah berubah industri yang terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang tersangkut mobil.

DIECAST MOBIL INDONESIA

 DIECAST MOBIL INDONESIA

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda empat dari mulai size kecil hingga size besar. Namun, tampaknya hanya mereka yg bermodal besar saja yang sanggup bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi semata-mata tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan nggak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pusat buat menciptakan kendaraan yang bisa bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Jeep militer thn 1940-an
Salah satu penemuan terutama di era ini adalah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas digunakan bagi medan perang yg mempunyai status kapling enggak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang cuman tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan digital yg mereka punyai saat itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pd Januari 1951.

Mobil nomor satu yang memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior bersama Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan ini resmi dipasarkan ke massa bersama mendapat sambutan cuma positif.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan masyarakat waktu itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas percobaan coba serta diterapkan utk mesin berbahan bakar bensin. Tapi, ide ini dpt dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang masa itu.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Era 1960
Historis kendaraan roda 4 memasuki era yg ekstra maju. Kendaraan sudah semakin memasyarakat dengan skema yg lebih compact dengan fungsional.

DIECAST MOBIL INDONESIA
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai design tidak jamak & ditahbiskan sebagai kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan design extra simpel beserta tak besar.

Sejak waktu itu, produsen mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.

DIECAST MOBIL INDONESIA
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang mampu mengakomodasi penumpang selamat dari cedera parah masa mengalami kecelakaan.

 DIECAST MOBIL INDONESIA

DIECAST MOBIL INDONESIA

DIECAST MOBIL INDONESIA

LihatTutupKomentar