DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

 DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah penemuan digital terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik pertama yg dirancang pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tapi pada masa itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dengan batree yang enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dalam perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yg dilengkapi dengan batere yg dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda bersama juga perahu sesudah itu barulah pd bulanan November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 31 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry mengiklankan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.

Berkat tdk semua inovasi esensial itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjelma wilayah dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan utk pertama kalinya. Ia sebetulnya merupakan penemu yg beroperasi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dengan cara resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku kendaraan roda empat listrik tercepat saat itu.

DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

 DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama kendaraan roda 4 tersebut memperoleh kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yang memiliki berat setengah dari berat mobilnya sendiri ialah seberat 750kg.

Setelah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan Ford T pertama kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini dan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya value materi bakar dan dana produksi mobil materi bakar sampai 2 kali lebih ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama enggak populer.

 DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

DIECAST MOBIL INNOVA Manukan Wetan

LihatTutupKomentar