DIECAST MOBIL KUNO

 DIECAST MOBIL KUNO

DIECAST MOBIL KUNO
Kendaraan Roda 4 udah menjelma wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat menolong mobilitas manusia waktu menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis serta tipe kendaraan udah amat beragam. Mulai dari family wagon atau saat ini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang banyak digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak hendak membahas ragam kendaraan yg ada waktu ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana prosedur dengan perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL KUNO
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke tempat lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan tema “mobil” pada 1478. Rancangan ini belum memakekan mesin dengan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dikerjakan manusia. Memakaikan mesin uap ini digunakan bagi mendukung pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.

DIECAST MOBIL KUNO
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjadi babak primer dlm sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan bersama lalu banyak dipakai masyakarat.

Saat pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak sebab bisa membuat mesin yang lbh efisien dalam pemanfaatan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih tetap dipegunakan sbg salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL KUNO
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Menggunakan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh mahir mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Enggak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

DIECAST MOBIL KUNO
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil praktis yang udah dibuat mulai mengalami evolusi. Masa kesatu diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu belum menggunakan stir bulat sebagaimana yang kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg memakekan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan dan emang ekstra menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL KUNO
Kendaraan Roda Empat nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun sudah mulai kian tinggi. Dpt menggapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yang berkisar 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan mentok kendaraan waktu itu cukup 12 km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche wkt menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL KUNO
Zaman 1920
Di zaman ini, kendaraan roda empat sudah mulai menjelma daerah dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih sudah menjadi industri yang terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yg tersangkut mobil.

DIECAST MOBIL KUNO

 DIECAST MOBIL KUNO

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat malahan byk bermunculan industri yang menciptakan mobil dari mulai ukuran kecil hingga size besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yang bermodal gede saja yg bisa bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma cuman tinggal 44 saja pd 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, & Chrysler.

Pada periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan enggak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL KUNO
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pokok buat menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL KUNO
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi vital di periode ini adalah kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas dipakai untuk medan perang yang memiliki status lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg hanya tinggi meski perlu menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL KUNO
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dpt mengembangkan globalisasi yg mereka peroleh wkt itu. Muncul mesin dengan modern injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 pertama yang memakekan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini formal dipasarkan ke publik dengan mendapat sambutan semata-mata positif.

DIECAST MOBIL KUNO
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan perkembangan nominal kendaraan yg makin meningkat.

Namun, modern karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas uji coba coba serta diterapkan untuk mesin material bakar bensin. Tapi, inspirasi ini bisa dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang masa itu.

DIECAST MOBIL KUNO
Zaman 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yg lbh maju. Mobil sudah semakin memasyarakat dgn design yang lbh compact serta fungsional.

DIECAST MOBIL KUNO
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki desain enggak jamak & ditahbiskan bagaikan kendaraan rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dengan design lebih simpel dengan tidak besar.

Sejak wkt itu, produsen mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.

DIECAST MOBIL KUNO
Zaman 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pada 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang mampu membantu penumpang lolos dari terluka parah saat menjumpai kecelakaan.

 DIECAST MOBIL KUNO

DIECAST MOBIL KUNO

DIECAST MOBIL KUNO

LihatTutupKomentar