DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

 DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Mobil udah berubah wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 amat membantu mobilitas manusia waktu melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, tipe beserta tipe kendaraan roda 4 sudah sangat beragam. Start dari family wagon atau masa ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Semacam kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bakal mobil-mobil perkotaan. Alias mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak diperlukan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak mau membahas variasi kendaraan yg ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana proses & perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat tema “mobil” pd 1478. Konsepsi ini belom menggunakan mesin dengan masih berwujud sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakaikan mesin uap ini dipakai untuk mendukung pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia saat berjalan.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Era 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjelma babak utama dalam sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan serta selanjutnya banyak diperlukan masyakarat.

Saat nomor satu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak krn mampu membuat mesin yang lebih efisien dalam penerapan berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dengan masih konsisten digunakan selaku salah 1 mesin mobil.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakekan tiga roda selaku penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tidak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil simple yang sudah dibuat mulai menemukan evolusi. Masa pertama diperkenalkan, kendaraan roda 4 wkt itu blm menggunakan stir bulat serupa yang kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan berbentuk setengah lingaran saja. Bahkan ada yg menggunakan semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai & emang lebih memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Mobil kesatu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai meningkat tinggi. Bisa mencapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri area Alabama, Amerika Serikat, menyekat kecepatan tertinggi kendaraan roda 4 waktu itu hyn dua belas km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Rupa T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche saat mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Dekade 1920
Di dekade ini, kendaraan sudah mulai menjadi wilayah dari kehidupan manusia. Terlebih sudah menjadi industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

 DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai skala kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cuman mereka yg bermodal gede saja yg mampu bertahan.

Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjelma cukup tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat tak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pangkal bakal menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi vital di era ini yakni kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas dipegunakan utk medan perang yang punya kondisi lahan tak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang sekadar tinggi meski mesti menjelajahi lokasi berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan teknologi yg mereka miliki waktu itu. Muncul mesin dengan globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yg menerapkan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 mobil ini sah dipasarkan ke rakyat serta mendapat sambutan hanya positif.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan publik saat itu terhadap nominal karbondioksida yg terus meningkat bersamaan pertumbuhan total kendaraan yg makin meningkat.

Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas uji coba & diterapkan bakal mesin bahan bakar bensin. Tapi, gagasan ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding digital yang berkembang saat itu.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Zaman 1960
Historis kendaraan roda 4 memasuki era yg extra maju. Kendaraan Roda Empat udah makin lama memasyarakat dengan rupa yg extra compact beserta fungsional.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai rupa nggak biasa dan ditahbiskan bagaikan kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yg adalah mobil-mobil pionir dgn desain extra simpel dan tidak besar.

Sejak waktu itu, pembuat kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yg ekstra simpel.

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang mampu mengakomodasi penumpang terlepas dari cedra parah saat menjumpai kecelakaan.

 DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

DIECAST MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

LihatTutupKomentar