DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

 DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Kendaraan udah menjadi lokasi dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan sangat menyokong mobilitas manusia saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, design & jenis mobil udah sangat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain waktu ini lbh dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Alias kendaraan bermesin di atas 2.000 cc yg byk digunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak akan membahas rupa kendaraan roda 4 yg ada waktu ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana proses dengan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke tempat lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci udah membuat sketsa “mobil” pd 1478. Draf ini blm menerapkan mesin serta masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproses manusia. Memakekan mesin uap ini dipake untuk menolong pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Dekade 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 berubah babak berguna dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan bersama setelah itu byk diperlukan masyakarat.

Saat pertama dibuat, mesin diesel ini muncul selaku tonggak sebab dapat menciptakan mesin yg extra efisien dlm penggunaan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih teguh dipake sbg salah 1 mesin mobil.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Memakaikan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh handal mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak ingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah ekspansi kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tdk ribet yang udah dibuat mulai menerima evolusi. Masa kesatu diperkenalkan, kendaraan saat itu blm memakaikan stir bulat semacam yg kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg memakaikan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai serta kenyataannya lebih memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Kendaraan nomor satu Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai makin tinggi. Dapat sampai 15-20 km/jam. Udah lebih cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri wilayah Alabama, Amerika Serikat, mematok kecepatan setinggi-tingginya mobil masa itu cuman 12 km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yang menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Periode 1920
Di zaman ini, kendaraan roda empat udah mulai menjadi area dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai udah menjelma industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

 DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat terlebih byk bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai ukuran kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya cuma mereka yang bermodal gede saja yg mampu bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dengan Chrysler.

Pd dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan tidak lagi merasa kesepian momen berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Dekade 1940
Di pertengahan abad 20 ini, keadaan dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi fokus untuk menciptakan kendaraan yg dpt bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 inovasi vital di era ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas diperlukan bagi medan perang yang mempunyai kondisi lahan enggak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yang hyn tinggi meski butuh menjelajahi daerah berkontur naik turun. Wkt ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan teknologi yang mereka miliki masa itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Mobil pertama yg memakekan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua kendaraan roda 4 ini resmi dipasarkan ke rakyat dengan mendapat sambutan cuma positif.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat waktu itu terhadap nominal karbondioksida yg terus meningkat bertepatan perkembangan jumlah kendaraan yang semakin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tersebut wkt itu masih sebatas percobaan coba serta diterapkan bagi mesin berbahan bakar bensin. Tapi, ide ini bisa dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang wkt itu.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Periode 1960
Sejarah kendaraan memasuki jaman yang ekstra maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dgn sketsa yg ekstra compact dengan fungsional.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki rancang nggak biasa dan ditahbiskan bagaikan kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg adalah mobil-mobil pionir dengan design ekstra simpel & tidak besar.

Sejak masa itu, produsen kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dengan munculnya digital airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yang mampu membantu penumpang bebas dari cedra parah wkt mendapatkan kecelakaan.

 DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

DIECAST MOBIL POLISI INDONESIA

LihatTutupKomentar