DIECAST MOBIL RAKITAN

 DIECAST MOBIL RAKITAN

DIECAST MOBIL RAKITAN
Kendaraan sudah menjelma area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menunjang mobilitas manusia waktu melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, design beserta tipe kendaraan sudah amat beragam. Start dari family wagon atau sekarang extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun sudah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg byk digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak hendak membahas ragam kendaraan roda empat yang ada saat ini. Kali kita hendak menjelajahi historis mobil. Bagaimana operasi bersama perkembangan mobil dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke wadah lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci sudah menciptakan ide “mobil” pd 1478. Tema ini belum menerapkan mesin bersama masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diurus manusia. Memakekan mesin uap ini digunakan bakal menunjang pergerakan keperluan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dgn kecepatan manusia waktu berjalan.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Zaman 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak berarti dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, momen sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan serta lantas byk digunakan masyakarat.

Wkt kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karna dapat membuat mesin yang lbh efisien dlm pemakaian berbahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan & masih selalu diperlukan bagaikan salah satu mesin mobil.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakaikan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini dirancang oleh terlatih mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Tidak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mendirikan kendaraan pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil mudah yg udah dirancang mulai mengalami evolusi. Waktu pertama diperkenalkan, kendaraan roda 4 waktu itu belom memakekan stir bulat semacam yang kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipegunakan & memang ekstra memudahkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Mobil pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai kian tinggi. Dapat mencapai 15-20 km/jam. Udah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri lokasi Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan mentok kendaraan roda empat masa itu hyn dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Model T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Ialah Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche masa mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Era 1920
Di dekade ini, mobil udah mulai menjelma bagian dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih udah menjelma industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang tersangkut mobil.

DIECAST MOBIL RAKITAN

 DIECAST MOBIL RAKITAN

Kendaraan Roda 4 Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat bahkan banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai skala kecil sampai skala besar. Namun, tampaknya semata-mata mereka yg bermodal besar saja yang bisa bertahan.

Dari berkisar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma cuman tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 enggak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi fokus buat menciptakan kendaraan yg mampu bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Jeep militer thn 1940-an
Salah satu penemuan sangat penting di era ini ialah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas diperlukan untuk medan perang yang punya keadaan lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yg cuman tinggi meski butuh menjelajahi daerah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi bisa mengembangkan globalisasi yg mereka miliki wkt itu. Muncul mesin dengan tekno injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yang memakaikan mesin injesi ini ialah Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda 4 ini legal dipasarkan ke publik dengan mendapat sambutan cuma positif.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Goliath GP 700 E
Awal 1956, globalisasi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat wkt itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat seiring perkembangan jumlah kendaraan yg makin meningkat.

Namun, tekno karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas uji coba dengan diterapkan bagi mesin materi bakar bensin. Tapi, ilham ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang wkt itu.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Era 1960
Historis kendaraan memasuki zaman yg ekstra maju. Kendaraan udah makin lama memasyarakat dengan rancang yang ekstra compact & fungsional.

DIECAST MOBIL RAKITAN
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai rancang enggak standar & ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, & Focus yg yakni mobil-mobil pionir dgn sketsa lebih simpel dan tidak besar.

Sejak saat itu, pabrik kendaraan roda empat mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.

DIECAST MOBIL RAKITAN
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dpt menyokong penumpang luput dari cidera parah wkt menerima kecelakaan.

 DIECAST MOBIL RAKITAN

DIECAST MOBIL RAKITAN

DIECAST MOBIL RAKITAN

LihatTutupKomentar