DIECAST MOBIL SKALA 43

 DIECAST MOBIL SKALA 43

DIECAST MOBIL SKALA 43
Kendaraan Roda Empat sudah berubah bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil amat menyokong mobilitas manusia saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, model dengan tipe mobil sudah amat beragam. Mulai dari family wagon dengan kata lain saat ini lbh dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Sebagaimana kelas 1.000-1.Lima Ratus cc untuk mobil-mobil perkotaan. Alias mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita nggak hendak membahas rupa kendaraan roda 4 yang ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana teknik dengan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang sanggup membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah membuat rancangan “mobil” pd 1478. Rencana ini blm menerapkan mesin dengan masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Memakaikan mesin uap ini diperlukan untuk menunjang pergerakan kepentingan militer Prancis pd 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini sama dgn kecepatan manusia saat berjalan.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Zaman 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 menjadi babak substansial dlm historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, selagi sebuah mesin bahan bakar solar mulai diperkenalkan dan lalu byk digunakan masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak krn dapat membuat mesin yang ekstra efisien dlm pemakaian materi bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih selalu digunakan sebagai salah 1 mesin mobil.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakaikan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini dirancang oleh ulung mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tidak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mendirikan kendaraan roda 4 pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di jaman modern.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil mudah yang udah diproduksi mulai mengalami evolusi. Saat kesatu diperkenalkan, kendaraan masa itu belum memakaikan stir bulat serupa yang kita kenal saat ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda empat berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yang memakaikan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake & emang extra menggampangkan pergerakan mobil.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Mobil pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai kian tinggi. Mampu mencapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negeri wilayah Alabama, Amerika Serikat, mematok kecepatan pol kendaraan roda 4 masa itu hyn 12 km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Tipe T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yg mendapatkan mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menemukan mesin ini baru 18 tahun.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Periode 1920
Di zaman ini, kendaraan roda 4 sudah mulai berubah wilayah dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai udah menjelma industri yg terus berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yg terpaut mobil.

DIECAST MOBIL SKALA 43

 DIECAST MOBIL SKALA 43

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai size kecil sampai size besar. Namun, tampaknya cukup mereka yg bermodal besar saja yg dapat bertahan.

Dari berkisar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pada 1929. Dari besaran itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda empat tidak lagi merasa kesepian pada waktu berkendara seorang diri.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pangkal utk menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Jeep militer tahun 1940-an
Salah satu penemuan sangat penting di zaman ini yakni kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas digunakan untuk medan perang yang mempunyai keadaan lahan nggak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang cuma tinggi meski wajib menjelajahi area berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali sanggup mengembangkan globalisasi yang mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pd Januari 1951.

Mobil nomor satu yang menggunakan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda empat ini resmi dipasarkan ke publik dan mendapat sambutan semata-mata positif.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan publik waktu itu terhadap total karbondioksida yang terus meningkat bersamaan pertumbuhan jumlah kendaraan yang makin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas uji coba coba serta diterapkan buat mesin materi bakar bensin. Tapi, gagasan ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang waktu itu.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Periode 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki jaman yang extra maju. Kendaraan Roda 4 udah semakin memasyarakat dengan skema yang lbh compact dan fungsional.

DIECAST MOBIL SKALA 43
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai tipe enggak standar & ditahbiskan bagaikan kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle menjelma inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, bersama Focus yang ialah mobil-mobil pionir dgn rancang ekstra simpel & enggak besar.

Sejak wkt itu, produsen kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

DIECAST MOBIL SKALA 43
Periode 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg sanggup menopang penumpang selamat dari cedera parah saat menerima kecelakaan.

 DIECAST MOBIL SKALA 43

DIECAST MOBIL SKALA 43

DIECAST MOBIL SKALA 43

LihatTutupKomentar