MINIATUR MOBIL FUSO


MINIATUR MOBIL FUSO
Kendaraan Roda Empat udah menjadi area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat membantu mobilitas manusia saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis beserta tipe kendaraan roda 4 udah sangat beragam. Start dari family wagon atau sekarang lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun udah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.Lima Ratus cc buat mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipegunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak mau membahas ragam kendaraan yg ada waktu ini. Kali kita mau menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara dan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL FUSO
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang dapat membawa mereka ke tempat lain dengan lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat tema “mobil” pada 1478. Konsep ini blm menggunakan mesin dan masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Memakaikan mesin uap ini dipake bagi menunjang pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL FUSO
Era 1880
Penemuan mesin diesel pd 1882 berubah babak bermakna dalam sejarah mobil. Tepatnya pd Januari 1882, tempo sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan dengan sesudahnya banyak dipakai masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul bagaikan tonggak karena dapat membuat mesin yang lbh efisien dalam pemakaian berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih teguh dipakai selaku salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL FUSO
Cikal bakal mobil 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan bakar bensin. Menerapkan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini dibuat oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah mengembangkan mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL FUSO
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tdk ribet yg sudah dirancang mulai mengalami evolusi. Masa nomor satu diperkenalkan, kendaraan masa itu belom menerapkan stir bulat serupa yang kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Sampai-Sampai ada yg menggunakan semacam tongkat utk menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake serta kenyataannya extra memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL FUSO
Mobil pertama Henry Ford
Kecepatan mobil pun udah mulai makin tinggi. Dpt sampai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg berkisar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, memasung kecepatan pol kendaraan roda 4 masa itu cuman dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Model T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, metode pembuatan kendaraan roda 4 ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche masa menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL FUSO
Periode 1920
Di periode ini, kendaraan roda 4 udah mulai menjadi area dari kehidupan manusia. Sampai-Sampai sudah berubah industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

MINIATUR MOBIL FUSO

 MINIATUR MOBIL FUSO

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai ukuran kecil hingga size besar. Namun, tampaknya hanya mereka yang bermodal besar saja yang mampu bertahan.

Dari berkisar 253 industri kendaraan pd 1908, jumlahnya menjelma cuman tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, serta Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik mobil enggak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL FUSO
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, situasi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pokok untuk menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL FUSO
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 inovasi terutama di periode ini yakni kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas diperlukan utk medan perang yang mempunyai keadaan lahan tidak rata.

Kendaraan militer ini memiliki kecepatan yang hyn tinggi meski usah menjelajahi area berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL FUSO
Zaman 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi dpt mengembangkan teknologi yg mereka peroleh waktu itu. Muncul mesin dgn digital injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan nomor satu yg menerapkan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan roda 4 ini resmi dipasarkan ke rakyat serta mendapat sambutan cuman positif.

MINIATUR MOBIL FUSO
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap besaran karbondioksida yg terus meningkat seiring pertumbuhan besaran kendaraan yg makin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tsb saat itu masih sebatas uji coba dengan diterapkan buat mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, inspirasi ini sanggup dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding modern yang berkembang saat itu.

MINIATUR MOBIL FUSO
Zaman 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki era yang ekstra maju. Kendaraan Roda Empat udah semakin memasyarakat dengan tipe yg extra compact dan fungsional.

MINIATUR MOBIL FUSO
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang memiliki design nggak umum beserta ditahbiskan sbg mobil rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dgn design lebih simpel & nggak besar.

Sejak waktu itu, pabrik mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lebih simpel.

MINIATUR MOBIL FUSO
Dekade 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dgn munculnya tekno airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang sanggup menunjang penumpang luput dari terluka parah waktu mengalami kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL FUSO

MINIATUR MOBIL FUSO

MINIATUR MOBIL FUSO

LihatTutupKomentar