MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

 MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Kendaraan Roda 4 udah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 sangat menolong mobilitas manusia waktu menjalani aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis dan tipe kendaraan udah amat beragam. Mulai dari family wagon dgn kata lain waktu ini lebih dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.Lima Ratus cc bagi mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain mobil bermesin di atas 2.000 cc yang byk dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita enggak mau membahas rupa kendaraan yang ada wkt ini. Kali kita bakal menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana operasi dan perkembangan kendaraan roda empat dari abad 19 hingga memasuki milenium kedua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg mampu membawa mereka ke tempat lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat draf “mobil” pada 1478. Rencana ini blm menerapkan mesin & masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Memakaikan mesin uap ini dipegunakan bakal menunjang pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya wkt itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia wkt berjalan.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Zaman 1880
Inovasi mesin diesel pd 1882 menjelma babak signifikan dlm historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, saat sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan & selanjutnya byk digunakan masyakarat.

Waktu kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak krn dapat membuat mesin yg extra efisien dalam pemanfaatan material bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih selalu dipake sebagai salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin materi bakar bensin. Memakaikan tiga roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh expert mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tidak hendak kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah mendirikan kendaraan pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Dekade 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tdk ribet yang udah diciptakan mulai menemukan evolusi. Saat nomor satu diperkenalkan, kendaraan waktu itu belum memakaikan stir bulat semacam yang kita kenal wkt ini.

Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk 1/2 lingaran saja. Lebih-Lebih ada yg memakaikan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipake serta benar-benar extra memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Mobil kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai makin tinggi. Dapat menggapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara wilayah Alabama, Amerika Serikat, membelenggu kecepatan pol kendaraan wkt itu cuma dua belas km/jam.

Di jaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, operasi pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche wkt menemukan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Era 1920
Di era ini, kendaraan udah mulai berubah lokasi dari kehidupan manusia. Malahan sudah menjadi industri yg terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru yg tergantung mobil.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

 MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

Kendaraan Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih banyak bermunculan industri yg menciptakan kendaraan roda empat dari mulai ukuran kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya cukup mereka yg bermodal gede saja yang mampu bertahan.

Dari kira-kira 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah hyn tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.

Pd zaman ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik mobil tak lagi merasa kesepian tatkala berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi fokus buat menciptakan kendaraan yang dpt bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Jeep militer thn 1940-an
Salah 1 penemuan vital di dekade ini adalah kendaraan dgn penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipake bakal medan perang yang mempunyai situasi kapling tak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yang semata-mata tinggi meski harus menjelajahi area berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali mampu mengembangkan digital yang mereka miliki wkt itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pada Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 kesatu yang menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior & Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua kendaraan ini resmi dipasarkan ke rakyat dengan mendapat sambutan cuman positif.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Goliath GP 700 E
Awal 1956, teknologi baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan masyarakat masa itu terhadap jumlah karbondioksida yg terus meningkat seperjalanan pertumbuhan jumlah kendaraan yg makin meningkat.

Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tsb masa itu masih sebatas percobaan coba dan diterapkan utk mesin material bakar bensin. Tapi, ide ini bisa dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang saat itu.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Zaman 1960
Historis kendaraan roda empat memasuki era yg lebih maju. Kendaraan udah semakin memasyarakat dengan rancang yg lbh compact bersama fungsional.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
VW Beetle 1960
Hal ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai sketsa nggak umum dengan ditahbiskan sbg kendaraan rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yang yakni mobil-mobil pionir dengan design ekstra simpel dan tidak besar.

Sejak masa itu, pembuat kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg lbh simpel.

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dengan munculnya tekno airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg sanggup mendukung penumpang terhindar dari cedra parah masa mengalami kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

MINIATUR MOBIL HONDA CITY TYPE Z

LihatTutupKomentar