MINIATUR MOBIL JEEP

 MINIATUR MOBIL JEEP

MINIATUR MOBIL JEEP
Kendaraan Roda 4 udah berubah wilayah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan roda 4 amat menolong mobilitas manusia masa melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, design dan jenis kendaraan roda empat udah sangat beragam. Start dari family wagon alias waktu ini lebih dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Mesin yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak hendak membahas ragam kendaraan yang ada wkt ini. Kali kita akan menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana sistem dan perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL JEEP
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke wadah lain dgn extra muda, Leonardo da Vinci udah menciptakan konsepsi “mobil” pada 1478. Konsepsi ini blm memakaikan mesin serta masih berbentuk sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dirancang manusia. Memakekan mesin uap ini diperlukan untuk mengakomodasi pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini dengan dengan kecepatan manusia masa berjalan.

MINIATUR MOBIL JEEP
Era 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam historis mobil. Tepatnya pd Januari 1882, saat sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan bersama selanjutnya banyak diperlukan masyakarat.

Masa kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karena dapat menghasilkan mesin yang lbh efisien dlm penerapan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan bersama masih selalu digunakan sebagai salah 1 mesin mobil.

MINIATUR MOBIL JEEP
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan bakar bensin. Memakaikan tiga roda sbg penggerak, kendaraan ini dibuat oleh master mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Tak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah memperluas mobil pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL JEEP
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil praktis yang udah diciptakan mulai menjumpai evolusi. Waktu nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda empat masa itu belom menggunakan stir bulat sebagaimana yang kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Sampai-Sampai ada yang menerapkan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan serta ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai dan emang lebih menggampangkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL JEEP
Kendaraan pertama Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun udah mulai bertambah tinggi. Dpt menggapai 15-20 km/jam. Sudah ekstra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg lebih kurang 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, mengerem kecepatan mentok mobil masa itu hyn dua belas km/jam.

Di zaman ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, sistem pembuatan kendaraan roda empat ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yg menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche saat menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL JEEP
Periode 1920
Di zaman ini, kendaraan roda 4 sudah mulai berubah lokasi dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjadi industri yg terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yang terikat mobil.

MINIATUR MOBIL JEEP

 MINIATUR MOBIL JEEP

Kendaraan Roda 4 Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat lebih-lebih byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai size kecil hingga size besar. Namun, tampaknya cuman mereka yg bermodal besar saja yg sanggup bertahan.

Dari lebih kurang 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari nominal itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.

Pd era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 tidak lagi merasa kesepian selagi berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL JEEP
Periode 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tertimpa imbasnya. Mereka jadi pangkal bagi menciptakan kendaraan yang dapat bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL JEEP
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 penemuan terutama di zaman ini ialah kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas diperlukan utk medan perang yg punya keadaan kapling nggak rata.

Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yg cuma tinggi meski mesti menjelajahi bagian berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL JEEP
Era 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi mampu mengembangkan teknologi yg mereka dapatkan masa itu. Muncul mesin dgn globalisasi injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda 4 pertama yang menggunakan mesin injesi ini yaitu Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini resmi dipasarkan ke masyarakat serta mendapat sambutan hyn positif.

MINIATUR MOBIL JEEP
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan massa waktu itu terhadap nominal karbondioksida yg terus meningkat seperjalanan pertumbuhan nominal kendaraan yg makin meningkat.

Namun, digital karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas uji coba coba dan diterapkan buat mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, ilham ini dpt dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yg berkembang saat itu.

MINIATUR MOBIL JEEP
Periode 1960
Sejarah mobil memasuki zaman yg ekstra maju. Kendaraan Roda 4 udah makin lama memasyarakat dgn konstruksi yang ekstra compact & fungsional.

MINIATUR MOBIL JEEP
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg punya konstruksi enggak standar bersama ditahbiskan sebagai kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, serta Focus yg adalah mobil-mobil pionir dgn pola extra simpel dan enggak besar.

Sejak wkt itu, produsen kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lebih simpel.

MINIATUR MOBIL JEEP
Era 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai dgn munculnya modern airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dapat membantu penumpang lolos dari luka parah wkt menerima kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL JEEP

MINIATUR MOBIL JEEP

MINIATUR MOBIL JEEP

LihatTutupKomentar