MINIATUR MOBIL KUNO

 MINIATUR MOBIL KUNO

MINIATUR MOBIL KUNO
Kendaraan Roda 4 sudah menjadi area dari kehidupan manusia modern. Keberadaan kendaraan amat menyokong mobilitas manusia saat memperbuat kesibukan sehari-hari.

Apalagi sekarang, jenis beserta tipe mobil udah sangat beragam. Mulai dari family wagon alias saat ini ekstra dikenal dgn sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun sudah amat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc bagi mobil-mobil perkotaan. Atau kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yg byk dipegunakan oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tidak akan membahas variasi kendaraan roda empat yang ada saat ini. Kali kita bakal menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara & perkembangan kendaraan dari abad 19 sampai memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL KUNO
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke tempat lain dgn lebih muda, Leonardo da Vinci udah menghasilkan draf “mobil” pada 1478. Rancangan ini belom menerapkan mesin bersama masih bercorak sket di atas kertas.

Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Memakekan mesin uap ini dipakai buat mendukung pergerakan keinginan militer Prancis pada 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dengan kecepatan manusia saat berjalan.

MINIATUR MOBIL KUNO
Periode 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak esensial dlm historis mobil. Tepatnya pada Januari 1882, tatkala sebuah mesin berbahan dasar bakar solar mulai diperkenalkan serta lantas banyak diperlukan masyakarat.

Wkt pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karena bisa menghasilkan mesin yang lebih efisien dlm penerapan berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih senantiasa dipegunakan sbg salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL KUNO
Cikal bakal kendaraan roda 4 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dengan mesin bahan bakar bensin. Memakekan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh handal mesin asal Jerman, Karl Benz pd 1885.

Nggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah membangun kendaraan roda empat pertamanya pd 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di zaman modern.

MINIATUR MOBIL KUNO
Zaman 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil nggak ribet yg sudah diproduksi mulai menjumpai evolusi. Waktu kesatu diperkenalkan, kendaraan saat itu belum menggunakan stir bulat seperti yang kita kenal waktu ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Malahan ada yg menerapkan semacam tongkat buat menggerakan roda depan ke kanan dengan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai digunakan bersama memang extra memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL KUNO
Mobil nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai makin tinggi. Dpt mencapai 15-20 km/jam. Udah lbh cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yang kira-kira 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara wilayah Alabama, Amerika Serikat, mematok kecepatan mentok kendaraan roda empat masa itu semata-mata 12 km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Desain T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, cara pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam menjelma 146 unit/jam.

Pada 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yakni Ferdinand Porsche yg menjumpai mesin hybrid yg diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche waktu mendapatkan mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL KUNO
Dekade 1920
Di dekade ini, kendaraan udah mulai menjelma wilayah dari kehidupan manusia. Terlebih udah menjadi industri yg terus berkembang berbarengan munculnya penemuan-penemuan baru yg tersangkut mobil.

MINIATUR MOBIL KUNO

 MINIATUR MOBIL KUNO

Mobil Duesenberg tahun 1920
Di Amerika Serikat malahan banyak bermunculan industri yg menciptakan mobil dari mulai size kecil hingga ukuran besar. Namun, tampaknya cuman mereka yg bermodal gede saja yang mampu bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi semata-mata tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.

Pada era ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan tak lagi merasa kesepian ketika berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL KUNO
Era 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun tersentuh imbasnya. Mereka jadi fokus bagi menciptakan kendaraan yg dapat bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL KUNO
Jeep militer thn 1940-an
Salah satu inovasi terutama di zaman ini yaitu kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas digunakan bagi medan perang yang mempunyai status tanah nggak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yg cukup tinggi meski butuh menjelajahi bagian berkontur naik turun. Waktu ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL KUNO
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan teknologi yang mereka miliki masa itu. Muncul mesin dgn modern injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat nomor satu yg memakaikan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior serta Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini resmi dipasarkan ke publik bersama mendapat sambutan hyn positif.

MINIATUR MOBIL KUNO
Goliath GP 700 E
Awal 1956, digital baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini adalah imbas dari kecemasan publik saat itu terhadap nominal karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan pertumbuhan jumlah kendaraan yg makin meningkat.

Namun, teknologi karya Eugene Houdry tersebut masa itu masih sebatas percobaan coba dengan diterapkan utk mesin bahan bakar bensin. Tapi, ilham ini sanggup dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding globalisasi yang berkembang waktu itu.

MINIATUR MOBIL KUNO
Zaman 1960
Historis mobil memasuki jaman yg ekstra maju. Kendaraan Roda Empat sudah lama kelamaan memasyarakat dgn model yg extra compact beserta fungsional.

MINIATUR MOBIL KUNO
VW Beetle 1960
Hal ini enggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai desain tak jamak dengan ditahbiskan sbg mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dan Focus yg yaitu mobil-mobil pionir dgn rancang extra simpel serta tidak besar.

Sejak saat itu, pembuat mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang lbh simpel.

MINIATUR MOBIL KUNO
Zaman 1970
Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di era ini. Dimulai dengan munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman yg mampu menyokong penumpang selamat dari luka parah waktu menemukan kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL KUNO

MINIATUR MOBIL KUNO

MINIATUR MOBIL KUNO

LihatTutupKomentar